Sebagai kaum milenial kita dituntut untuk berfikir kreatif dan memiliki wawasan yang luas. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut, salah satunya dengan mengikuti organisasi. Organisasi merupakan suatu sistem kerja sama antar individu dan memiliki tujuan yang sama. Selain itu, organisasi juga merupakan wadah yang tepat untuk kaum milenial mengembangkan jiwa kepemimpinan. Nah, sebelum terjun langsung ke organisasi ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai organisasi, yaitu :
1. Visi foya, misi foya, visi misi foya-foya?
Don’t play-play sama visi misi, bosque! But visi misi penting banget buat tujuan yang akan dicapai oleh suatu organisasi. Jangan lupa misi buat keberhasilan visi kamu, ya.
2. Dimana-mana pasti ada aturan, termasuk pas kerja
Kerja di organisasi, biar sleek, perlu banget yang namanya aturan. Bayangin kalo gaada aturan, pasti bakal chaos deh kedepannya dan ujung-ujungnya bakal ngerugiin organisasi.
3. Plan A, plan B, plan C, …,plan (n)
Biar semua kegiatan di organisasi terencana dengan baik, tentu kamu butuh yang namanya rencana.
4. Tegaskan peran dan tanggung jawab!
Organisasi gaakan jalan kalo orang-orangnya pada kabur-kaburan, setuju? Makanya perlu banget menegaskan peran dan tanggung jawab seluruh anggota di dalam organisasi, biar jelas kerjanya mau kayak gimana.
5. Work Culture
Ini juga penting, dengan budaya kerja yang baik, organisasi fix solid! Budayanya, salah satunya, adalah toleransi dan saling menghormati satu sama lain. Budaya kerja di organisasi bisa beda-beda tergantung output yang ingin dihasilkan.
6. Butuh Panutan!!!
Terakhir, jangan cuma merintah aja, tapi kamu bisa jadi panutan buat temen organisasi kamu juga, pasti lebih efektif deh. Misalnya kalo kamu semangat, pasti vibes-nya nyampe ke orang-orang lain juga!
Inti dari penjelasan diatas, yaitu organisasi membantu membentuk karakter kita sebagai kaum milenial untuk terus memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan baru salah satunya dengan mengasah softskill yang dimiliki.